Selasa, 12 Juli 2011

Puluhan Petugas Lapas Pekanbaru Terindikasi Pakai Narkoba

PEKANBARU (RS) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau mengungkapkan 25 petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Pekanbaru terindikasi mengonsumsi narkoba. Mereka diduga memakai barang haram tersebut setelah dilakukan tes urine.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau Djoni Muhammad menyampaikan fakta peredaran narkoba di Lapas Pekanbaru, Selasa (12/7). Menurut Djoni, pihaknya mengusulkan pemberhentian enam pegawai yang terindikasi bersalah karena mengonsumsi narkoba. Sejumlah petugas sudah diajukan ke polisi untuk diproses secara hukum.

“Bahkan ada pegawai sudah dua kali kedapatan pakai narkoba, itu tidak ada ampun lagi,” kata Djoni.

Ia menjelaskan dari 131 petugas Lapas Pekanbaru, 25 orang atau 19,8 persen dinyatakan diduga memakai narkoba setelah mengikuti tes urine Mei 2011. Saat ini, mereka menjalani pembinaan dan pengawasan selama tiga bulan.

“Kami memperketat pengawasan di Lapas Pekanbaru untuk menghentikan peredaran narkoba. Razia juga terus ditingkatkan. Seperti diketahui, 35 persen penghuni lembaga ini tersangkut kasus narkoba,” kata Djoni.

Sementara itu, tiga narapidana ditangkap karena mengonsumsi narkoba dalam Lapas Pekanbaru, Selasa (12/7). Ketiga narapidana yang tertangkap mengonsumsi narkoba langsung digiring ke Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau. Mereka masing-masing berinisial IS, AR dan RO harus berurusan kembali dengan polisi karena kedapatan mengonsumsi shabu.

Sebelumnya ketiga narapidana divonis Pengadilan Negeri Pekanbaru karena kasus serupa. Operasi antinarkoba Lapas Pekanbaru menyita barang bukti dari narapidana 35 amplop berisi shabu. Polisi masih memeriksa ketiga narapidana untuk mengungkap jaringan narkoba dalam Lapas Pekanbaru. (asr)

About the Author

aried

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

berdaulat.co © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com