Rabu, 20 Juli 2011

Pasien Sakit Jiwa Ikuti Lomba Joget di Pekanbaru

PEKANBARU (RS) Sekitar 25 pasien Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan mengikuti lomba joget di Taman Alam Mayang, Pekanbaru, Rabu (20/7). Mereka terdiri dari pria dan wanita berusia 20 hingga 40 tahun.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk terapi untuk menyembuhkan gangguan psikologi. Pasien larut dalam suasana gembira saat berjoget bersama diiringi musik. Mereka bersaing untuk mendapatkan berbagai hadiah yang disediakan panitia.

Kegiatan lomba joget ini digelar dokter RSJ Tampan yang dilaksanakan rutin setiap tahun. Pasien yang ikut terapi adalah mereka yang mulai pulih dari sakit jiwa. Menurut Direktur RSJ Tampan, Mursal Amir, rehabilitasi melalui rekreasi ini sangat efektif karena mampu memulihkan psikis pasien yang terganggu.

“Rehabilitasi itu banyak caranya, bisa melalui rekreasi seperti ini. Bisa juga pemberian keterampilan dan ibadah,” kata Mursal.

Ia menambahkan terapi akan mendorong pasien sembuh karena mendapatkan semangat kejiwaan. Mursal berharap masyarakat tidak mengucilkan pasien sakit jiwa. Menurut Mursal, mereka justru seharusnya mendapatkan bimbingan mental dari keluarga dan lingkungan.

Puluhan pasien juga mengikuti pertandingan sepakbola dan lomba bakiak. Sejumlah pegawai rumah sakit jiwa mengawasi kegiatan ini. Setiap pasien dikawal pegawai untuk mencegah perkelahian di antara mereka.

Total pasien RSJ Tampan yang akan mengikuti terapi mencapai 152 orang. Mereka rata-rata mengalami sakit jiwa karena tekanan ekonomi dan perselisihan rumah tangga. (asr)

About the Author

aried

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

berdaulat.co © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com