Senin, 25 Juli 2011

BBM Langka di Kuantan Singingi, Ratusan Warga Antre di SPBU

KUANTAN SINGINGI (RS) Ratusan warga antre di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) akibat kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) di Kabupaten Kuantan Singingi, Senin (25/7). Warga membeli premium dan solar menggunakan jerigen.

Kelangkaan BBM terjadi di hampir semua SPBU di Kuantan Singingi selama satu minggu. Antara lain di SPBU Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Singingi Hilir. Ratusan warga menunggu satu sampai dua jam untuk mendapatkan premium dan solar.

Sebagian warga membawa jerigen karena takut kehabisan stok. Sementara sebagian lagi memburu BBM untuk dijual dengan harga lebih mahal, Harga premium dan solar eceran di Kuantan Singingi mencapai Rp6000 perliter. Sedangkan di SPBU hanya Rp4500 perliter.

“Kami jual lagi di kampung karena disana premium langka. Sudah seminggu seperti ini,” kata pedagang eceran, Hendri.

Petugas SPBU membolehkan warga membawa jerigen dengan alasan sudah ada izin dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kuantan Singingi. Menurut petugas, kelangkaan BBM terjadi akibat berkurangnya pasokan. Biasanya Pertamina menyalurkan premium dan solar 18 ribu liter dalam dua hari. Namun sekarang, hanya sekali untuk stok tiga hari. “Tidak apa-apa dijual ke warga yang pakai jerigen karena ada izin dari Disperindag Kuantan Singingi,” kata petugas SPBU, Akir.

Sales Manager Representatif Pertamina Region I Riau, Witdoso membantah kelangkaan BBM di Riau. Menurut Witdoso yang dihubungi via telepon, kekurangan premium dan solar di Kuantan Singingi disebabkan keterlambatan kendaraan yang mengangkut pasokan ke daerah. Pertamina juga membolehkan warga membeli BBM dengan membawa jerigen sepanjang ada izin dari pemerintah setempat. “Ada ketentuannya, kalau ada izin silakan. Tapi kalau tidak, itu yang kita tindak,” kata Witdoso. (asr)

About the Author

aried

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

berdaulat.co © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com