Senin, 11 Juli 2011

Kebakaran Lahan Melanda Siak, Jalan Lintas Sumatera Berkabut

SIAK (RS) Kebakaran lahan di Riau terus meluas. Api membakar lahan di Kabupaten Siak, Senin (11/7). Akibat kebakaran areal gambut tersebut, kabut asap menutupi jalan lintas Sumatera.

Kebakaran lahan terjadi di pinggir jalan lintas Pekanbaru-Duri. Tepatnya di jalan yang menghubungkan Provinsi Riau dengan Sumatera Utara, Kecamatan Minas, Siak.

Api menghanguskan lahan gambut sekitar 100 meter persegi. Kebakaran dengan cepat meluas karena cuaca panas dan angin kencang di lokasi. Tidak diketahui siapa yang membakar lahan ini.

Namun biasanya pembakar lahan meninggalkan lokasi setelah api membesar untuk menghindari sanksi hukum. Pemilik lahan diduga sengaja membakar areal gambut untuk kawasan perkebunan kelapa sawit atau pemukiman. “Saya lihat api sudah membesar. Tapi tidak ada orang di lokasi. Mungkin sengaja dibakar,” kata warga, Ainul.

Akibat kebakaran lahan, kabut asap menutupi jalan lintas Sumatera. Kondisi ini rawan kecelakaan lalu lintas karena jarak pandang terbatas. Kegiatan membuka lahan dengan cara membakar saat ini memang marak terjadi di Riau. Meski melanggar Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, tidak ada sanksi tegas dari aparat hukum. Akibatnya pembakar lahan terus melakukan aksinya setiap tahun. (asr)

About the Author

aried

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

berdaulat.co © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com