Rabu, 03 Agustus 2011

Kabut Asap Selimuti Jalan Lintas Sumatera di Kampar

KAMPAR (RS) Kabut asap akibat kebakaran lahan menutupi Jalan Lintas Sumatera di Kabupaten Kampar, Riau, Rabu (3/8). Akibatnya jarak pandang terbatas sehingga mengganggu lalu lintas kendaraan.

Kabut asap tebal terlihat di Jalan Lintas Sumatera di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kampar. Pengendara yang melintas di jalan penghubung Riau-Sumatera Barat ini terpaksa mengurangi kecepatan dan menyalakan lampu kendaraan.

Jarak pandang yang hanya lima meter rawan menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Kabut asap berasal dari kebakaran ratusan hektare lahan gambut di Desa Rimbo Panjang dan sekitarnya.

Cuaca panas dan angin kencang di lokasi menyebabkan kebakaran dengan cepat meluas. Diduga, sekelompok warga sengaja membakar lahan ini untuk dijadikan areal perkebunan dan pemukiman. Penduduk mengaku kesulitan memadamkan api karena kekurangan air, sementara lahan yang terbakar sangat luas.

“Akhirnya kami hanya menunggu api padam. Sulit mengatasi kebakaran lahan gambut karena apinya berada di bawah permukaan tanah,” kata warga, Arman.

Memasuki awal Agustus, kebakaran lahan dan hutan kembali melanda sejumlah daerah di Riau. Akibatnya, kabut asap menyelimuti sebagian Pulau Sumatera. (asr)

About the Author

aried

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

berdaulat.co © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com